Archive for ‘college’

November 14, 2008

Otak kiri dan Visual???

Setelah saya iseng iseng mengeklik sebuah link dari blog pak Budi Rahardjo untuk analisa tipe pengguna otak, saya dapatkan hal yang kaya gini. hasilnya hampir sama dengan punya pak budi

Your Brain Usage Profile:

Auditory : 18%
Visual : 81%
Left : 62%
Right : 37%

ajunk, you are somewhat left-hemisphere dominant and a predominantly visual learner, an interesting blend of characteristics!

You are an intensely visual person, active and continuously searching. As such, there is no rhythm or beat to limit your learning. You are constantly absorbing and imaging. Your tendency to be left- hemisphere dominant, however, creates some difficulties. You continue to attempt to structure all that input and categorize it, at the same time continuing to seek out new input while “reflecting” in what you have already gained.

With your visual orientation absorbing so much input, you sometimes utilize your left-brain focus to identify logical aspects of what you perceive and may become overwhelmed by details.

When faced with situations where you have to rely on verbal input exclu- sively, you may find yourself needing to work more on maintain- ing an “overview” or perspective in order to fully grasp the material. It is likely that “sketching out” a representation of material that you are listening to will enhance your understanding and recall of the material. Drawing diagrams and note- taking allow you to “see” the relationships and absorb them more fully.

You tend to focus on details and are generally logical and organized. You have an intensity which is evident to others and yet can feel comfortable with the applied aspects of learning, the practical.

Given that you are somewhat goal-directed, the difficulty with being so visual is that you continuously “see” new goals and thus may be drawn from one to the other or at least forced to think about them within present structures. Because of your visual processing mode, you are regularly faced with tolerating and integrating ambiguity, a process which disrupts the equilibrium of your left-hemisphere preeminence.

It is likely that you are restless continuously and do not feel challenged. You may well explore engaging in activities which enhance right-hemisphere functioning which would reduce some of the tension you might currently be experiencing.


Tuh, khan’. pantesan saya tidak bisa nangkep dengan baik kalo orang menerangkan hanya dengan kata-kata. Yang terakhir, pas ada presentasi geokom kemaren, mahasiswa dsuruh menulis apa poin yang diterangkan oleh masing-masing orang yang presentasi. hasilnya??? saya tidak bisa menyimpulkan, dan akhirnya cuma nyontek temen sebelah saya.hahaha…..

trus pas giliran saya maju, saya mencoba menerangkan dengan menggambar flow chart. eh, ternyata sama dosennya gak boleh dan cuma boleh menerangkan dengan kata-kata. akhirnya saya agak kelabakan sendiri gimana neranginnya. hihihi…(turun…turun!!!!)

Keterangan diatas ternyata juga tepat dengan posting saya kemaren tentang saya yang tidak bisa fokus mengerjakan sesuatu hal, dan selalu beralih ke topik yang baru, seperti pernyataan pada kalimat ini:

Given that you are somewhat goal-directed, the difficulty with being so visual is that you continuously “see” new goals and thus may be drawn from one to the other or at least forced to think about them within present structures”…

jadi…intinya??? bagaimana cara mengkombinasikan pola berfikir tersebut untuk hasil yang maksimal????

(masih blom ngeh’ )

sekarang :

apa dulu ya yang mau dikerjain??? (banyak banget agenda tak tercatat yang bikin bingung)

– advancing GPR process (cari klu)

– buat  laporan KP

– baca PDF dan powerpoint yang seabrek (andai punya waktu …….)

– cari referensi bahan-bahan u presentasi ke pak soni, dll


nb:

well, akhirnya saya bisa mememulai juga sesuatu yang jadi pertimbangan saya selama ini. fokus …fokus!!!

September 13, 2008

Kampusku kok jadi ramai ya??

Waktu lagi gak ada kuliah dan iseng-iseng buka laptop di area wifi SITH saya melihat hari2 yang ternyata jarang saya perhatikan. Mahasiswa yang lalu lalang di ITB semakin banyak. Perasaan waktu saya masuk dulu tahun 2005 kampus tidak ramai kaya gitu. Apa mungkin kuota penerimaan mahasiswa tiap tahun bertambah atau memang banyak mahasiswa lama yang belum lulus sehingga numpuk dan jadi banyak??

liat deh gambar diatas,rame khan.  kaya ada bazar aja’ hehe

Tapi gak papa deh, cewek2nya juga makin banyak kok (cakep2 lagi)hihihi

May 30, 2008

Buku yang jadi beban saja…..

Ini bukan karena saya itu tidak suka baca buku…tetapi lebih karena saya males bawanya(he he..)’

ya, saya termasuk orang yang males untuk bawa buku ke kampus, apalagi buku diktat yang gede-gede(kaya orang pinter aja..ha ha) .Tetapi yang paling membuat saya terharu….(baca:menyesal) adalah karena saya tidak bisa memanfaatkan buku yang sudah saya beli atau saya fotokopi mahal-mahal, buat pendamping kuliah..eh ternyata dalam satu semester buku itu cuma beberapa kali dibuka(catet..dibuka blom tentu dibaca)

Dan kalo kuliah sudah selesai begini baru deh terasa bahwa harusnya buku yang lumayan berharga itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan hanya ditumpuk pada lemari atau dielus-elus aja..duh’

buku

Dan saya jadi bertanya pada diri sendiri

1. Apakah memang tidak punya waktu apakah males baca???

2. Apa nanti masih sempet untuk membaca buku-buku itu lagi???(espesially yang belom terbaca)

3. Apakah nanti buku-buku ituh bisa berguna lagi jika sudah lulus kuliah???

……..hmmm kayaknya jika punya buku emang harus dibaca, biar jangan jadi beban saja tanpa memberikan ilmu’

March 27, 2008

full day lagii….

kayaknya jarang jarang juga se full…cuma kadang-kadang aja…

pagi jam 7.30 praktikum GEM,

abis itu nganterin naruto yang kakinya pincang abis digigit orochimaru ke klinik…

makan….trus praktikum lagi ampe jam 1…

(sampe disini blom capek)…..

trus ngerjain laporan yang deadline nya jam 4…(udah rada manyun)

jam 3kuliah FIB ….(nelat dikit karena laporan tadi)

(ah …gak cape2 amat)….

trus, abis kuliah ngerjain laporan metseis di lab nonseis…ama wulan, eko, riri…ampe malem…

selesai itu beli makan dulu ke balubur ama eko, trus pulang dehh…(hmmm capek  ya??)  btw ini ada foto2nya lho….SPESIAL BUAT KAMU..LANGSUNG DARI HPKU SENDIRI!!!(wuekkk)

klinik medika ganesaekowulanririebalubur

March 26, 2008

Antara buku pelajaran dan novel

Btw karena sekarang referensi-referensi banyak yang berbentuk E-book, baik yang bacaan santai sampe pelajaran kuliah yang diupload dosen, maka mau gak mau ya harus berlama-lama di depan kompie. Kemaren se udah coba print bahan –bahan yang dianggep sering dibaca , karena kalo baca di komputer pastinya akan lebih “gak nyaman”. Dan karena printernya sekarang udah semi sekarat , karena kalo ngeprint lebih dari 2 lembar saja udah beret-beret(bhs Indonesianya apa ??).

Karena itu, aq ya coba aja baca-baca referensi itu di kompie, emang se mata jadi capek’ tapi mo gimana lagi karena itu suatu keharusan.

Btw, knapa ya kalo baca buku cerita atau novel itu lebih menyenangkan dan lebih cepat selesai dibanding membaca buku pelajaran??

Ada yang tahu?? .karena kalo udah baca novel ato buku cerita ringan gitu bawaannya keterusan aja’ yang menyababkan kecanduan dan lupa untuk berhenti. Dan jika sudah begitu 1jam, 2jam pun berlalu dan halaman halaman pun terus terbuka dengan entengnya. Bayangkan coba, kalo baca novel kira kira perbaca aku dapet 30 halaman sampai 30 lembar, bayangkan coba kalo hal itu bisa dilakukan untuk buku pelajaran…wah..pasti keren tuh’

Oh ya , ada lampiran foto juga disini. Foto2 praktikum instrumentasi.(btw praktikumnya gak serius, tapi kadang bikin bete juga), trus materinya juga terlalu “muluk-muluk” . semuanya dipraktekin’, tapi esensinya gak tau ya???

praktikum1