Sunda dan awalan “Ci” ??

Kenapa ya nama tempat di sunda (bandung), selalu pake awalan “Ci” ?????

coba Deh liat nama jalan, nama daerah atau kecamatan gituh’ (di sekitar bandung aja). PaSti nanti ketemu dengan awalan “Ci “. Cihampelas lah, cipaganti, Cibiru , cijerah, dan masih banyak lagi temen2 dan keluarganya. Ampe makanan pun juga : Cireng, Cimol, Cilok, cisomai, dan cipeyeum( yang huruf awal gak kapital ngaco’)

Apa yang menarik ya dengan Kata ‘Ci” ???

Apakah “Ci” ituh kata keramat ???

Jangan-jangan Cinta LAura, dan juga dari Bandung???? (Argghh Tidak)

4 Comments to “Sunda dan awalan “Ci” ??”

  1. Cidewa…

    Ci tu artine air ya?? barangkali dulu di sini banyak aernya kali

    cidewa itu kalo kamu jadi walikota bandung kalee :p

  2. Bener banget tuh kata si dewak, ci itu artinya air. Konon jaman dahulu kala (hmmm…jaman kuda gigit besi, n jaman fir’aun naksir dayang sumbi…fyuh gak nyambung kaleee) bandung tuh merupakan suatu danau. U know laaa..kalo danau pasti banyak airnya kan??? berhubung danaunya sekarang udah kering n jadi mol, maka biar bandung tetep serasa kayak dulu..diberilah nama segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat di bandung dengan awalan ci…begitcu…

    Ooo..begituh ya ”

  3. nah, pas waktu danaunya surut, masih meninggalkan sisa-sisa aernya di rekahan-rekahan yang berupa sungai-sungai kecil, makanya di sebut cai atau ci.. kalo bhs. inggrisna mah creek… ga jauh beda kan hihiihihi….

  4. tul banget.. ci itu artinya air. misal: cibodas, ci = air, bodas = putih. jadinya air putih. cirebon, ci = air, rebon = udang. kalo ci di cireng lain lagi. itu singkatan. cireng = aci digoreng. aci = tepung. cilok = aci dicolok kali ya.

    Oooo bodas=putih, rebon=udang…wahh kosakata baru nih’.

    @ frah >> “ci” sama “creek” bedanya lebih dari 50 persen broo’ 😛 (diinterpolasi dulu lah’ haha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: